Kecerdasan buatan mungkin satu dari perkembangan yang
paling penting di abad ini. Hal ini akan memengaruhi kehidupan negara-negara
yang memainkan peranan penting dalam perkembangan kecerdasan buatan, yang
kemudian muncul sebagai negara-negara adikuasa.
Pentingnya kecerdasan buatan menjadi nyata bagi
negara-negara yang berperan sejak tahun 1970. Para pemimpin negara yang
mengakui potensialnya kecerdasan buatan mengharap mendapat persetujuan jangka
panjang untuk sumber-sumber yang memerlukan dana intensif. Jepang adalah yang
pertama kali melakukan itu. Negara ini mengembangkan program yang sangat
berambisi dalam penelitian kecerdasan buatan.
B. Macam – Macam Kecerdasan Buatan
Ada banyak jenis kecerdasan buatan, setidaknya
ada lima jenis kecerdasan buatan yang sering kita temui, yaitu :
1.
Jaringan Syaraf Buatan
(Artificial Neural Networks),
Merupakan sekelompok jaringan saraf (neuron) buatan yang menggunakan model matematis atau komputasi untuk pemrosesan informasi berdasarkan pendekatan terhubung pada komputasi. Pada kebanyakan kasus, JST merupakan sistem adaptif yang merubah strukturnya berdasarkan informasi eksternal maupun internal yang mengalir melalui jaringan tersebut.
Merupakan sekelompok jaringan saraf (neuron) buatan yang menggunakan model matematis atau komputasi untuk pemrosesan informasi berdasarkan pendekatan terhubung pada komputasi. Pada kebanyakan kasus, JST merupakan sistem adaptif yang merubah strukturnya berdasarkan informasi eksternal maupun internal yang mengalir melalui jaringan tersebut.
2.
Algoritma Genetik (Genetic Algorithms),
Algoritma Genetik biasanya digunakan dibidang kedokteran, misal untuk menganalisis DNA.
Algoritma Genetik biasanya digunakan dibidang kedokteran, misal untuk menganalisis DNA.
- Robotika (Robotics),
AI ini banyak digunakan di pabrik. Biasanya dibuat untuk melakukan kegiatan otomatisasi, misal dalam PLC (Programmable Logic Contro - Permainan Komputer (Games),
AI jenis ini yang paling disukai oleh anak-anak, misal untuk memainkan game Age of Mythology atau Counter Strike.
C. Dampak
Negative Dari Kecerdasan Buatan
Saat
ini sudah banyak teknologi kecerdasan buatan yang dihasilkan dan dipakai oleh
manusia. Misalnya saja pada robot Asimo yang bisa menari dan berjalan, atau
pada permainan komputer yang dirancang untuk membuat manusia berpikir keras
untuk mengalahkannya. Contoh lain ada di industri otomotif. Adanya teknologi
komputer yang mampu mengolah data dengan cepat dipakai untuk memberikan
peringatan pada pengemudi mobil untuk menghindari terjadinya tabrakan.
Banyak
hal yang kelihatannya sulit untuk kecerdasan manusia, tetapi untuk Informatika
relatif tidak bermasalah. Seperti contoh: mentransformasikan persamaan,
menyelesaikan persamaan integral, membuat permainan catur atau Backgammon.
Di
sisi lain, hal yang bagi manusia kelihatannya menuntut sedikit kecerdasan,
sampai sekarang masih sulit untuk direalisasikan dalam Informatika. Seperti
contoh: Pengenalan Obyek/Muka, bermain sepak bola.
Walaupun
AI memiliki konotasi fiksi ilmiah yang kuat, AI membentuk cabang yang sangat
penting pada ilmu komputer, berhubungan dengan perilaku, pembelajaran dan
adaptasi yang cerdas dalam sebuah mesin. Penelitian dalam AI menyangkut
pembuatan mesin untuk mengotomatisasikan tugas-tugas yang membutuhkan perilaku
cerdas.
Banyak perkembangan teknologi yang
sekarang ini ada di sekitar kita dan sudah menjadi bahan pokok yang tidak bisa
dipisahkan dari kehidupan manusia. Tetapi dari perkembangan tersebut
pasti juga membawa dampak negatif serta mendatangkan suatu kesempatan terutama
bagi pihak-pihak yang bertujuan menyalahgunakannya untuk kepentingan/keuntungan
pribadi.
Daftar Pustaka :
-
Ian Sommerville, Software Engineering 7th
Edition, Addison-Wesley